BAGIKAN
KADES MASAMBA, Ambo Sakka, Bersama Warganya Menggagas Tugu Tani, Sebagai Ikon Desa Masamba

Poso Pesisir,PMC. Bagi masyarakat Desa Masamba, sebuah desa tidak bisa terlepas dari ciri khasnya masing-masing, karena dengan kekhasan itulah yang membuatnya berbeda dengan desa lain, sekaligus menjadi keunggulan komparatif dalam memfokuskan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan warganya.

Pemikiran itu dikemukakan oleh Kepala Desa Masamba, Ambo Sakka, sebuah desa yang terletak dalam wilayah administrasi pemerintahan Kecamatan Poso Pesisir. “Karena kita di sini potensi utamanya adalah sawah yang terbentang luas, maka kita perlu fokus untuk melipatgandakan hasil pertanian sawah”, urai Ambo Sakka yang ditemui posomediacenter.com kemarin pagi di kantornya.

Untuk menyemangati warganya dalam memacu pertumbuhan ekonomi, Kades Masamba bersama jajarannya pun kini menggagas pembangunan Tugu Tani di gerbang masuk Desa Masamba. “Jadi kita sudah bahas dalam pertemuan warga, semua sepakat tentang ide pembangunan Tugu Tani di tikungan tajam sebelum masuk Desa Masamba dari arah Kota Poso. Jadi selain menjadi ikon Desa Masamba, Tugu yang diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp.17 Juta itu, juga diharapkan menjadi tanda hati-hati bagi pengendara sekaligus menjadi wadah sosialiasasi slogan pembangunan Desa Masamba”, jelas Ambo Sakka.

Diketahui, Desa penghasil beras di Kabupaten Poso ini, juga telah membangun penggilingan padi yang nantinya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). “Mesinnya sudah siap, jadi Insya Allah tidak ada halangan musim panen depan penggilingan padi itu sudah mulai beroperasi”, ujar Kades, Ambo Sakka.

Begitulah geliat pembangunan desa yang terletak di Km 19 Jalan Poros Poso-Parigi itu terus berbenah, seiring dengan bergulirnya Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). “Prinsipnya pembangunan fisik dan non fisik akan kita seimbangkan ke depan, kalau pun selama ini program pembangunan fisik selama ini terkesan lebih menonjol karena memang program itu yang mendesak bagi masyarakat, ke depan kita mulai fokus pada pembangunan non fisik”, tambah Sekretaris Desa, Hasbullah Ladatjhi membenarkan ide Kades Masamba, Ambo Sakka. (PMC-01)

Tinggalkan Komentar