BAGIKAN
PEMBUKAAN MUSDA III MUI POSO, Nampak Ketua MUI Kabupaten Poso, H.Arifin Tuamaka,S.Ag, Didampingi Kabid Madrasah Kemenag Sulteng, Dr.Nasruddin .Midu,M.Ag, Mengikuti Rangkaian Acara Secara Santai dan Khidmat (Foto : Humas)

 

Poso Kota, PMC. Bertempat di Gedung PGRI Kabupaten Poso, Sabtu kemarin, 20/01/18, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Daerah Majelis Ulama Indonesia (MUSDA MUI) III.

Menurut Ketua Panitia, Asri Lakuntu, S.Ag, pelaksanaan Musda merupakan keharusan sebagaimana termaktub dalam Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga MUI, terkait dengan berakhirnya masa kepengurusan periode 2013-2018, selanjutnya akan dipilih dan ditetapkan kepengurusan baru masa khidmat 2018-2023.

Sementara itu, Ketua MUI Poso, H.Arifin Tuamaka, S.Ag dalam sambutannya mengharapkan, Musda III dapat meningkatkan pemahaman, kesadaran dan pengamalan keagamaan islam yang berbudaya, berakhlakul karimah, jujur adil dan berkemajuan diiringi dengan nilai-nilai agama, solidaritas dan toleransi dalam bingkai bhineka tunggal ika.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M.Si menyampaikan terima kasih kepada MUI Poso, atas sejumlah kegiatan positif dalam menunjang program Pemerintah Daerah. “Mewakili Pemda Kabupaten Poso, saya mengucapkan terima kasih disertai ucapan selamat atas keberhasilan MUI dalam menyelesaikan programnya, sekaligus membantu pemerintah daerah, termasuk yang dilakukan sendiri oleh Ketua MUI Kabupaten Poso, mudah-ima mudahan progran kedepannya terus berlanjut dengan baik atas terpilihnya ketua MUI.yang baru”, urai Wabup Samsuri, di hadapan dalam acara pembukaan Musda.

SUASANA MUSDA, Melibat Ibu-Ibu Muslimat dari Berbagai Kecamatan Se-Kabupaten Poso (Foto : Humas)

Adapun Kepala Kemenag Sulteng sebagaimana disampaikan oleh Kabid Madrasah, Dr. H. Nasrudin L. Midu, M.Ag menjelaskan semangat tema Musda sebagai bentuk pemikiran yang besar dalam menghadirkan islam yang rahmatan lil’alamin di bumi sintuwu maroso.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Nasrudin L. Midu, menegaskan 4 prinsip yang perlu diperhatikan oleh umat Islam dalam menjawab tantangan zaman saat ini. Pertama, membangun karakter umat yang jujur dalam ucapan dan perbuatan. Kedua, melahirkan karakter amanah. Ketiga, senantiasa menepati janji dan siap mempertanggung jawabkan di hadapam Allah SWT. Keempat, memiliki kepekaan sosial terhadap sesama.

Baca Juga :  Komandan Yonif 714 Sebut Bupati Mentor

Pantauan posomedicenter.com, acara pembukaan Musda yang mengusung thema ‘Meneguhkan Peran Majelis Ulama Indonesia Dalam Membangun Poso Cerdas yang moderat, toleran dan rahmatan lil’alamin’ itu, tampak hadir Dandim 1307 Poso Letkol. Inf. Dodi Triyohadi, S.Sos, Rektor Unsimar Poso, Kisman Lantang, SE, M.Si, sejumlah Kepala OPD, Ormas Islam, serta para Majelis Ta’lim dan undangan lainya.

Diketahui peserta Musda III tahun 2018, akan diikuti oleh 25 orang peserta penuh, terdiri atas MUI Sulteng 1 orang, Unsur Dewan Penasehat, 1 orang, Utusan Kemenag Poso 1 orang, Pimpinan Harian MUI Poso 1 orang, Ormas Islam 22 orang, perwakilan MUI Kecamatan 3 orang, Pondok Pesantren 1 orang, Perguruan tinggi 1 orang, ditambah peserta peninjau 22 orang. (PMC-03)

Tinggalkan Komentar