BAGIKAN
BUPATI POSO, Darmin Agustinus Sigilipu, Disambut Anggota DPRD Poso, Daerah Pemilihan IV, Syarifudin Odjobolo Bersama Iskandar Lamuka (Foto : Humas)

POSO PESISIR, PMC. Penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita, menandai peresmian kantor kepala desa Toini di kecamatan Poso pesisir, tadi pagi, 24-1-2018,. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut adalah Anggota DPRD Poso Daerah Pemilihan IV, Syarifudin Odjobolo dan Iskandar Lamuka.

Peresmian yang dirangkaikan dengan perayaan ulang tahun desa Toini yang ke 52 itu, bertambah semarak dan hikmat karena dihadiri pula oleh sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta tokoh perempuan, larut dalam suasana kebahagiaan.

Maneger Bumdes Toini, Sufarman Tondau, ST yang juga selaku ketua panitia melaporkan, sumber dana kegiatan tersebut, sudah merupakan hasil dari Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Anuntalako Desa Toini, ditambah dengan partisipasi aparatur pemerintah desa dan masyarakat setempat.

BUPATI POSO, Darmin Agustinus Sigilipu, Didampingi Kabag Humas Pemda, Armold Songko, Bersama Camat Poso Pesisir, Mukhlis S.Dullah (Foto : Humas)

Adapun lokasi pembangunan kantor desa Toini sebagaimana yang disampaikan oleh kepala desa, Sudisman Rante, diperoleh dari salah seorang warga bernama Hj. Indo Banya yang dihibahkan sebagai inventaris desa Toini. Ia menambahkan, terkait dengan usia ke-54 desa Toini, pertama kali dihuni suku Pebato (pegunungan), namun seiring dengan perkembangan dari tahun ke tahun, beberapa di antara mereka pindah ke tempat lain yang selanjutnya digantikan oleh suku Kaili yang berasal dari Parigi, Tomini dan Palu, dengan mata pencaharian saat itu bercocok tanam. Memasuki pertengahan Novemver 1963, Bupati Poso saat itu, Kampung Toini diangkat statusnya menjadi kampung sendiri lepas dari Mapane.

Sementara itu, Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya mengharapkan fasilitas kantor desa yang baru selesai dibangun dengan menggunakan biaya yang tidak sedikit, bisa dijaga dan dipelihara, serta dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama pemerintah desa dan masyarakat. “Jadikan bangunan kantor desa yang baru sebagai salah satu aset kebanggaan desa toini yang dibarengi dengan peningkatan pelayanan yang prima bagi masyarakat desa Toiniā€¯, urai Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu.

Baca Juga :  Petani Tambak Dapat Bantuan Excavator

Mengakhiri sambutannya, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menitip pesan kepada seluruh kepala desa agar tidak terpancing dengan isu-isu propaganda yang bermaksud mengadu domba oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Usai acara peresmian, dilanjutkan dengan peninjauan lokasi ternak ayam petelur sebanyak.1000 ekor sebagai salah satu unit usaha Bumdes dan swakelola yang bersumber dari dana desa tahun anggaran 2016 dengan total anggaran Rp. 156.544.000,- (PMC- 02)

 

Tinggalkan Komentar