BAGIKAN
BIDIK EKOWISATA, Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu Bersama Wakil Bupati Poso, Samsuri, Memperkenalkan Potensi Wisata Wilayah Lore kepada Utusan Forest Program 3 Sulawesi (Foto : Humas)

POSO KOTA, PMC. Pagi tadi, Kamis, 1 Februari 2018, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu bersama Wakil Bupati Ir. Samsuri. M.Si, menerima tamu penting di ruang kerjanya. Mereka adalah utusan Forest Programe 3 Sulawesi (FP3), Mr, Bernd Unger, Kepala Balai Pengkajian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BP DAS & HL) Dr. Titi Wurdianingsi dan Plt. Kepala Balai Besar Lore Lindu, Dedy Asriady. S.Si.MP.

Menurut Kabag Humas Pemda Poso, Drs.Armold Songko, pertemuan tersebut membicarakan tentang program pelestarian lingkungan, pengawasan hutan lindung, pengelolaan kawasan tertentu yang ada di sekitar hutan lindung maupun Daerah Aliran Sungai (DAS) yang berbasis masyarakat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah.

“Artinya, bahwa masyarakat yang berada di sekitar hutan lindung dan daerah aliran sungai tidak dianggap sebagai penghambat, tetapi dapat diberdayakan untuk mengelola potensi perekonomian yang ada sesuai kondisi dan kebutuhan wilayah setempat sekaligus ikut bertanggung jawab atas kelestarian alam sekitar”, urai Armold Songko. Armold menambahkan, pertemuan tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pengembangan ekowisata yang ada di kabupaten Poso, khususnya di wilayah Lore.

Diketahui, Bernd Unger yang mewakili Forest Program menyebutkan, untuk wilayah Kabupaten Poso, terdapat 14 desa yang akan menjadi sasaran pengembangan ekonomi yang bebasis masyarakat, yakni, 6 Desa di lembah Bada, 3 Desa di Lore Peore dan 5 Desa di Lore Utara.

Sementara itu Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu, menyambut baik pertemuan tersebut seraya memperkenalkan berbagai potensi wisata yang dimiliki kabupaten Poso, antara lain patung megalitikum, danau Poso, serta air terjun Saluopa, dan berbagai potensi pariwisata lainnya.

Bupati menambahkan, agar rencana kegiatan yang telah dipaparkan bisa direalisasikan dengan memaksimalkan koordinasi yang baik dengan seluruh pemangku kepentinga yang ada, sehingga tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum dapat terwujud. (PMC-04)

Tinggalkan Komentar