BAGIKAN
DEKLARASI TOLAK POLITIK USANG, Wabup Poso, Ir.Samsuri Berharap Kegiatan ini Bisa Mendukung Majunya Demokrasi Dalam Bingkai Sintuwu Maroso (Foto : Humas)

POSO KOTA, PMC. Geliat politik menjelang Pemilu 2019 , kini mulai terasa. Sejumlah Partai Politik pun telah menuntaskan ferivikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) masing-masing. Mungkin karena itu, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Poso merasa perlu menggelar ‘Deklarasi Tolak Politik Uang, Kampanye Hitam, dan Politisasi Sara’

Kegiatan yang bertempat di Gedung PGRI Poso itu, dihadiri oleh Wakil Bupati Poso, Ir.Samsuri, M.Si, Wakapolres Poso, Dandim 1307 Poso, Perwakilan DPRD Poso, Perwakilan dari Pengadilan Negeri Poso, Kepala Kejaksaan Negeri Poso, beserta 11 Partai politik yang sempat hadir.

Dalam sambutannya, Ketua Panwaslu Kabupaten Poso, Abdul Malik Saleh,S.Sos, mengajak semua komponen bangsa khususnya para pemangku kepentingan untuk bersama-sama mewujudkan Pemilu yang bersih, berkualitas dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. “Melalui deklarasi ini kita hendak menyampaikan pesan kepada semua pihak bahwa penyelenggara Pemilu, Partai Politik, Pemerintah Daerah, Forum Pimpinan Daerah dan seluruh lapisan rakyat secara bersungguh-sungguh sepakat dan berkomitmen untuk mewujudkan demokrasi yang berkualitas tanpa praktik politik uang, kampanye hitam dan politisasi Sara”, tegas, Abdul Malik Saleh, S.Sos.

Hal senada disampaikan oleh Kapolres Poso yang diwakilI oleh Wakapolres Poso Kompol I Gede Swara. Ia mengatakan, seluruh komponen masyarakat terutama para penyelenggara pemilu, termasuk penwaslu, beserta seluruh partai politik harus bersama-sama menjaga supremasi hukum dengan baik agar dalam pelaksanaan Pemilu berjalan dengan aman , tertib, dan lancar.

Terkait dengan semakin santernya berita-berita hoax atau informasi negatif melalui media sosial, Wakapolres berharap, masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan hal-hal yang bisa memecah belah persatuan bangsa di Tana Poso.

ORASI POLITIK TOLAK MONEY POLITIK DAN KAMPANYE HITAM, Salah Seorang Fungsionaris Parpol Menyampaikan Responnya, Mendukung Deklarasi Tolak Politik Uang

Sementara itu, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Panwaslu yang telah mencanangkan deklarasi tersebut untuk kemajuan demokrasi yang lebih baik dalam bingkai Sintuwu Maroso.

Baca Juga :  Darmin ‘Bakar’ Semangat Kader Golkar Tampo Bada

Menariknya, dalam Deklarasi tersebut, Para politisi dari berbagai Parpol diberi kesempatan menyampaikan orasi politik masing-masing tiga menit, antara lain Partai Golkar, Partai Demokrat, Perindo, PDI Perjuangan, Nasdem, Berkarya, PKS, PAN, Gerindra, PPP dan Partai Garuda.

Usai orasi politik dari beberapa partai, dilanjutkan dengan Deklarasi Bersama Tolak Politik Uang, Kampanye Hitam dan Politisasi Sara yang dipimpin oleh Wakil Bupati Poso, diikuti seluruh peserta yang hadir. (pmc-01)

 

Tinggalkan Komentar