BAGIKAN
RAKERDA AMANDA PAMONA, Merespon Era Tekhnologi Dengan Kearifan Lokal (Foto : Humas)

POSO PESISIR SELATAN, PMC. Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Daerah (Amanda) Pamona, tadi pagi Senin, 19 Februari 2018, menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di gedung serbaguna Poso pesisir selatan di desa Tangkura.

Kegiatan yang mengambil thema ‘menata kekuatan untuk mendorong terwujudnya pengakuan, perlindungan dan pemulihan hak-hak masyarakat adat yang berdaulat, mandiri dan bermartabat” itu, dibuka oleh Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu.

Dalam laporannya, Ketua umum Persekutuan Perempuan Adat Pamona Kabupaten Poso, Ani Taere menyampaikan apresiasi kepada Pemda yang terus memberi perhatian kepada masyarakat adat, sebagai bagian tak terpisahkan dari stakeholder lainnya untuk mendukung program pembangunan di wilayah Kabupaten Poso.

AMANDA PAMONA, Mendukung Pemerintah Dalam Melaksanakan Program Pembangunan

Sementara itu, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengajak kepada segenap hadirin, khususnya masyarakat adat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan yang telah terjalin dengan baik selama ini dalam memantapkan harmonisasi antar sesama warga yang makin kondusif saat ini.

“Di era globalisasi saat ini, tekhnologi makin maju dan berkembang, namun demikian di tengah kemajuan teknologi dan perkembangan saat ini, sebisa mungkin kita bisa meresponnya dengan kearifan lokal yang ada agar menyesuaikan diri tanpa harus kehilangan jati diri”, kata Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu. Usai memberi sambutan, Bupati Poso juga berkenan menyerahkan bendera perjuangan kaum perempuan kepada tokoh perempuan adat diiringan “Lemba Tana Poso”.

PENYERAHAN PETAKA OLEH BUPATI POSO, Untuk Perjuangan Perempuan

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 1307/Poso Letkol Inf. Dodi Triyo Hadi, S.Sos, kepala BKDSDM Kabupaten Poso, selaku Ketua Majelis Adat Pamona Kabupate Poso Yan Edward Guluda, SH.,MH, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso Dr. John Yus Madoli, M.Si, Camat Poso Pesisir Selatan Drs. Daniel Tadulako Purese, Kapolsek Poso Pesisir Selatan AKP Jopie H. Roring, Dansub Den POM Poso Kapten CPM, Mewakili Danramil Poso Pesisir Peltu Lahaban, para Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya. (pmc-04)

Baca Juga :  Begini Kondisi Desa Panjoka & Uelincu

 

Tinggalkan Komentar