BAGIKAN
MUSRENBANG TAMPO BADA, Pemerataan Guru dan Pelayanan Kesehatan Menjadi Fokus Pembicaraan Dalam Musrenbang Cluster IV di Lore selatan dan Lore Barat (foto : Humas)

LORE SELATAN, PMC. Gedung Phinae, di Desa Gintu, Ibukota Kecamatan Lore Selatan, 17 Februari 2018 lalu, menjadi tempat berlangsungnya Musrenbang Clusters 4 Kabupaten Poso.

Dalam Musrenbang yang menghadirkan pemerintah setempat beserta unsur masyarakat Kecamatan Lore selatan dan Lore barat itu, dihadiri oleh Wakil Bupati Poso, Ir.Samsuri,M.Si, sejumlah Kepala OPD, Wakil Ketua DPRD Poso, Darma Mondolu, Camat Lore selatan dan Lore barat disertai unsur Mapoles dan Koramil dari kedua kecamatan bertetangga itu.

Menurut Camat Lore selatan, sebelumnya ‘Mogombo Lipu’ telah dilaksanakan dua hari sebelumnya, tepatnya pada hari kamis, 15 Februari 2018. Walaupun belum semua usulan dapat terakomodir, namun sudah bisa mewakili apa yang menjadi harapan masyarakat.

Merespon pernyataan Camat Lore selatan, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Poso, Darma Gideon Mondolu, SH menyarankan sejumlah program tahun sebelumnya yang belum terealisasi, bisa kembali diprogramkan tahun 2018. Ia menambahkan, sejak era kepemimpinan Darmin-Samsuri, telah banyak perubahan yang terjadi, salah satunya kata Darma adalah menurunnya angka kemiskinan.

Untuk sinkronisasi pembangunan ke depan, ia menekankan pentingnya kualitas guru, pemerataan guru bagi tiap-tiap sekolah, “Kalau menurut Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, seharusnya setiap sekolah terdapat minimal 6 guru berstatus PNS yang mengajar di sekolah yang bersangkutan. Khusus mengenai pelayanan kesehatan, masih perlu peningkatan pelayanan, karena belum semua Puskesmas terakreditasi”, sebut anggota DPRD Poso, dari Fraksi Partai Gerindra itu.

Ada pun Wakil Bupati Poso, Ir.Samsuri menegaskan, terbatasnya dana dan banyaknya program yang akan didanai mensyaratkan pentingnya undang-undang untuk efektifitas penggunaan anggaran. “Jadi rencana yang sementara kita bahas saat ini, harus sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Poso”, sebut Samsuri. Ia menambahkan, era keterbukaan saat ini mengharuskan kita lebih teliti dalam merancang dan menjalankan suatu kegiatan. (pmc-04)

Tinggalkan Komentar