BAGIKAN
PELATIHAN BUDIDAYA DURIAN, Warga Kecamatan Pamona Puselemba dari Berbagai Desa Antusias Mengikuti Pemaparan Pemateri (Foto : Unkrit)

PAMONA PUSELEMBA, PMC. Universitas Kristen Tentena (Unkrit) belakangan ini mulai melirik pengembangan potensi lokal di beberapa wilayah di Kabupaten Poso, salah satunya adalah memperkenalkan teknik budidaya durian musang.

Budidaya durian jenis baru tersebut dimaksudkan untuk memperkaya jenis buah-buahan sebagai upaya untuk memupuk kemandirian masyarakat dalam berwira usaha. “Jadi mahasiswa KKN kali ini kita arahkan untuk mencoba merespon kondisi lokal, sekaligus mendorong kemandirian masyarakat setempat”, kata Rektor Unkrit, Ammosius Meringgi,SP,M.Si.

Begitulah gambaran sekilas arah dan orientasi KKN Tematik Unkrit Angkatan VIII tahun akademik 2018, mendapat respon positif dari masyarakat setempat. Tiga hari lalu, Jumat, 9 Maret 2018 lalu, sejumlah mahasiswa KKN itu di bawah bimbingan supervisor masing-masing, larut dalam suasana kebersamaan dengan warga menerima materi budidaya tanaman durian.

Diketahui, program yang merupakan kerjasama Unkrit, Poso Energi, dan Kalla Group itu terdiri atas beberapa materi inti antara lain, penyuluhan teknik budidaya durian musang king, pengembangan kebun wirausaha durian msang king di kawasan Danau Poso, serta pengenalan manajemen pemasaran dan distribusi bibit durian kepada masyarakat sasaran program.

“Jadi harapan kita ke depan, masyarakat bisa mengadakan semacam Taman Buah yang terintergrasi dengan wisata alam, sebagai alternatif mata pencaharian baru bagi keluarga melalui usaha pertanian multi produk yg komersil dan berkelanjutan”, tambah Amos, menegaskan komitmen perguruan tinggi yang dipimpinnya dalam merespon tantangan masyarakat di kitaran danau Poso. pmc-04.

Tinggalkan Komentar