BAGIKAN
Kasdam XIII/Merdeka, Mewakili Pangdam, Membuka Opster 2018 di Lapangan Mapane, Kecamatan Poso Pesisir Utara (Foto : Humas Pemda)

POSO PESISIR, PMC. Lapangan sepak bola di kelurahan Mapane, Senin kemarin, 12 Maret 2018, menjadi arena pelaksanaan upacara pembukaan operasi teritorial TNI “Sintuwu Maroso” 2018 di wilayah kabupaten Poso.

Kegiatan yang ditandai dengan pemukulan kentongan (padengko) dan pelepasan burung merpati itu berlangsung tertib dan hikmat, disaksikan segenap hadiri yang memadati lapangan upacara.

Adapun beberapa program yang akan dilaksanakan terdiri dari kegiatan fisik berupa rehab rumah ibadah sebanyak 4 unit, dan rumah penduduk sebanyak 71 unit, selain itu juga terdapat kegiatan non fisik berupa berupa penyuluhan kesadaran hidup berbangsa dan bernegara, menumbuhkan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara, serta memantapkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, SE, MM sebagaimana dibacakan oleh Kasdam, Brigjen TNI Fajar Setiawan, SIP mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud dari darma bakti TNI kepada rakyat Indonesia yang telah melahirkannya. Karena itu kata Pangdam, pihaknya mengajak segenap elemen bangsa yang ada di Poso, dan seluruh warga masyarakat Poso, para alim ulama, pendeta, pemangku agama Hindu, pemimpin agama Budha serta para tokoh adat dan tokoh masyarakat agar mendukung jalannya Opster TNI, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat dan segenap komponen bangsa.

Adapun Bupati Poso, Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu menegaskan, Opster TNI dimaksudkan untuk mendorong terwujudnya pembangunan infrastruktur di daerah dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesehjateraan hidup masyarakat serta terwujudnya tugas bantuan kepada pemerintah dalam percepatan pembangunan di daerah melalui pendekatan teritorial multi dimensi guna memelihara kondisi keamanan secara menyeluruh di daerah sintuwu maroso.

“Untuk itu kita semua patut bersyukur, sampai hari ini kita masih terus bersama masyarakat dalam kegiatan pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan serta pelayanan sosial kemasyarakatan. Kita juga patut berbangga atas sikap masyarakat yang semakin dewasa dalam merespon situasi sehingga tidak mudah lagi terpancing dan terprovokasi terhadap ulah sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab untuk menjauhkan rasa aman dan damai dari bumi sintuwu maroso”, jelas Bupati Darmin di hadapan segenap hadirin.

Baca Juga :  Wabup Poso Terima Penghargaan Dari Gubernur

Usai memberi sambutan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti peresmian kantor bersama tiga pilar di desa Tokorondo, kecamatan Poso Pesisir, dan desa Tri Mulya Kecamatan Poso Pesisir Utara, serta Penyerahan Piagam Penghargaan bagi Babinsa berprestasi, Penyerahan 1 unit Sepeda Motor Vixion kepada Babinsa Serda Arfan Padja dan penyerahan sembako kepada warga masyarakat.

Informasi yang dihimpun posomediacenter.com di bagian Humas Pemda menyebutkan, sejumlah Babinsa berprestasi kurun waktu semester pertama tahun 2017 – 2018 adalah, Serka Bahrun Babinsa Ramil 1307-01 Dim 1307/Poso Rem 132/Tadulako Dam XIII/Merdeka, Sertu Yaman Uwadingo Babinsa Ramil 1307-09 Dim 1307/Poso Rem 132/Tadulako yang berhasil dalam mengatasi peredaran narkoba di wilayah binaannya bersama Babinkamtibmas dan masyarakat, Serda Yanto Bandule Babinsa Ramil 1307-01 Dim 1307/Poso Rem 132/Tadulako Dam XIII/Merdeka yang berhasil dalam mengatasi kesulitan air bersih di wilayah binaannya Dusun Pantende Kelurahan Sayo Kecamatan Poso Kota Selatan dan Koptu Abd. Wahab babinsa Ramil 1307-09 Dim 1307/Poso Rem 132/Tadulako yang berhasil dalam komsos di wilayah binaannya sehingga mendapat penyerahan senjata rakitan, magasen dan HT dari masyarakat.

Kegiatan diakhiri dengan peninjauan kegiatan Bhakti Sosial berupa pengobatan gratis, khitanan massal dan pelayanan KB di seputaran area lapangan Mapane oleh Kasdam XIII/Merdeka didampingi Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf. Agus Subianto, Bupati & Wakil Bupati Poso bersama Anggota FKPD. (pmc-04)

 

 

Tinggalkan Komentar