BAGIKAN
PERAYAAN NYEPI DI DESA TOINASA, Wabup Poso, Ir.Samsuri,M.Si, Berkenan Melepas Pawai Ogoh- Ogoh (Foto : Humas)

PAMONA BARAT,PMC. Perayaan Nyepi di Kecamatan Pamona Barat, jumat kemarin, 16 Maret 2018 diwarnai dengan pelepasan pawai ogoh-ogoh. Wakil Bupati Poso, Ir.Samsuri,M.Si, didampingi anggota DPRD Poso, I Dewa Nyoman Ari Wibowo, berkenan hadir sekaligus melepas pawai tersebut. Nampak pula utusan Danrem, Letkol. Zulkarnain, Kasdim 1307 Poso, Kapolsek, Danramil, Camat Pamona Barat, serta sejumlah pejabat OPD Pemda Poso.

Menariknya, kegiatan yang dipusatkan di desa Toinasa itu, Wakil Bupati Poso mendapatkan nama depan sebagai I Wayan Samsuri. Menurut Ketua PHDI Kabupaten Poso, pemberian nama I Wayan kepada Wakil Bupati Poso, merupakan kehormatan sebagai orang tua. “I Wayan berasal dari kata wayahan, yang berarti lebih tua”, sebut ketua PHDI Poso.

Adapun pawai ogoh-ogoh sudah menjadi tradisi tahunan setiap tahun baru yang saat ini memasuki tahun 1940 Caka / 2018 Masehi. Dijelaskan pula, bahwa tawur agung kesange, telah memberikan penghormatan kepada para buta kala, sehingga keesokan harinya saat ibadah penyepian tidak akan mengganggu umat Hindu.

Dalam sambutannya, Wabup Samsuri kembali menekankan toleransi dan sikap saling menghormati yang ditunjukkan penganut antar agama akhir-akhir ini membuat bangga pemerintah daerah bangga. “Meningkatkan kerukunan lewat kegiatan seperti ini adalah kunci penting untuk mencapai pembangunan yang sejati, sehingga harapan untuk mewujudkan kesejahteraan di tana Poso dapat dirasakan secara nyata oleh seluruh lapisan masyarakat”, kata Samsuri.

Ia menambahkan, melalui momentum yang sakral tersebut, atas nama pemerintah daerah mengajak seluruh umat Hindu dan masyarakat kabupaten Poso untuk terus memperkokoh tali persaudaraan dan kerukunan antar sesama penganut agama yang berbeda-beda. “Bagi para tokoh agama dan masyarakat, agar terus memainkan perannya dalam memberikan pencerahan kepada umat agar menjadi referensi dalam hidup bermasyarakat. Keteladanan adalah contoh yang harus selalu kita tunjukkan”, tambah Samsuri. (pmc-04)

Tinggalkan Komentar