BAGIKAN
SAFARI NYEPI DI POSO PESISIR UTARA, Wabup Ajak Umat Hindu, Utamakan Toleransi Antar Umat Beragama (Foto : Humas)

POSO PESISIR UTARA, PMC. Perayaan Nyepi bagi Umat Hindu, Tahun Caka 1940, di Kecamatan Poso Pesisir Utara berlangsung meriah dan hikmat. Perayaan yang dipusatkan di desa Tri Mulya itu, dihadiri oleh Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M.Si.

Mengawali kegiatan relegi tersebut, sejumlah umat Hindu menyambut antusias Wakil Bupati Poso bersama rombongan, Jumat kemarin, 17 Maret 2018, sebelum pembacaan kitab suci weda wakya, sebagai doa pembukaan acara.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Poso, sejumah anggota DPRD Kabupaten Poso, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kadis Perhubungan, Sekretaris Badan Kesbangpol, serta Camat Poso Pesisir Utara, Babinkamtibmas, Babinsa, serta tokoh agama Hindu yang ada di Kecamatan Poso Pesisir Utara.

Kabag Kesramas Setdakab Poso Drs. H. Moh. Yunus, M.Pdi dalam sambutannya menyampaikan, sebagai pengayom bagi masyarakat, safari nyepi yang ke 4 di Desa Tri Mulya Kecamatan Poso Pesisir Utara, merupakan wujud kebersamaan antar umat beragama dalam menyambut hari besar Umat Hindu, sekaligus diharapkan memantapkan kerukunan antar umat beragama yang selama ini telah berlangsung dengan baik.

Ada pun yang membawakan hikmah Nyepi adalah I Nyoman Karman, M.Si, salah seorang penyuluh agama hindu dari kementerian agama kabupaten Poso. Dalam ceramahnya, ia menyatakan, lidah adalah salah satu kekuatan manusia yang juga dapat menjadi penghancur bagi dirinya apabila tidak digunakan sebagaimana mestinya. Untuk itu, sangat penting menjaga lidah, sehingga hanya kata-kata bijak yang akan dikeluarkan.

Dalam kegiatan yang diselingi dengan tarian puspo wesri itu, Camat Poso Pesisir Utara, Drs.Ruslan baba berkenan memberi sambutan. Menurutnya, untuk merawat toleransi sebagaimana yang ada saat ini, sebagai manusia yang bernaung di langit yang sama, kita pun semua harus bisa memperkokoh persatuan dan kesatuan, khususnya di wilayah Poso Pesisir Utara, dan Kabupaten Poso pada umumnya.

Baca Juga :  Rahasia Metaso, Pejuang GPST Itu Telah Berpulang

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Poso Kadek Gunaya menyampaikan syukur atas perhatian serius Pemda dalam memfasilitasi kegiatan umat beragama lainnya. “Setahu saya, untuk wilayah Propinsi Sulawesi Tengah, hanya kabupaten Poso yang megadakan Safari Nyepi, semoga hal ini terus berjalan sebagaimana yang juga dilakukan terhadap umat beragama lainnya”, kata Kadek Gunaya.

Ada pun, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Poso, Drs. H. Makmur Muh. Arief, M.Pd.I menegaskan, sejauh ini seluruh kegiatan umat Hindu dapat berjalan dengan baik meskipun hanya dikerjakan oleh dua orang, dan suatu kesyukuran karena semua pihak ikut berpartisipasi mensukseskan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh umat Hindu.

Pada kesempatan berikutnya, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengajak segenap umat Hindu, agar senantiasa mengutamakan toleransi, sebagai sesuatu yang mutlak untuk terus dipelihara, saling mendorong dan mendukung dalam setiap kegiatan keagamaan dengan menghargai dan memahami hakekat perbedaan. (pmc-05)

 

Tinggalkan Komentar