BAGIKAN
TIM MEDIS Posko Bencana Poso, sedang menangani sejumlah korban asal Poso

KOTA PALU, PMC. Kesibukan di Posko Bencana Mess Pemda Poso, Jl.Dr.Sam Ratulangi kota Palu, beberapa hari ini nampak cukup padat. Asal tahu saja, pasca gempa tektonik berskala, 7’4 SR itu, Posko yang dikoordinir langsung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso itu tak hanya menyalurkan bantuan makanan dan minuman, tetapi juga melayani pasien korban gempa, dengan menggunakan beberapa fasilitas kesehatan yang ada di kota Palu.
Catatan sementara Posko kesehatan menyebutkan, sampai hari ini bagian poli umum sedang menangani 27 orang anak-anak, dan 99 orang dewasa, sementara tindakan bedah sebanyak 24 orang. Di kelurahan Baiya, poli umum menangani 114 pasien anak-anak termasuk bayi 29 orang dan 85 orang dewasa. Selain itu, terdapat 4 orang sedang ditangani di Jl.Lagarutu.
Diketahui, pemulangan masyarakat asal Poso ke Poso telah berlangsung sejak tanggal 29 september 2018 sebanyak 520 orang, 30 september 270 orang, 1 oktober 450 orang, 2 oktober 150 orang. Ada pun malam hari ini diperkirakan sekitar 200 orang akan diberangkatkan dengan menggunakan kendaraan travel MSL. “Yang sudah mendaftar di agen MSL saat ini telah mencapai 2098 orang”, sebut salah seorang petugas di posko mess pemda Poso.

MESS PEMDA POSO, Jl.Dr.Sam Ratulangi Palu,

Dikabarkan pula, bahwa khusus penanganan evakuasi dan berbagai bentuk respon cepat lainnya, sejak beberapa hari lalu, pihak BPBD Poso juga telah memberangkatkan sejumlah Tim Tanggap Bencana (Tagana), dan saat ini bermarkas di kantor Dinas sosial provinsi Sulawesi tengah, bersama tagana lainnya.
Pantauan posomediacenter.com di kota Poso, pihak jasa angkutan darat MSL saat ini juga telah menyiapkan dapur umum di agen Poso, Jl.Jenderal Sudirman, dengan harapan para penumpang yang akan tiba malam ini bisa makan di dapur umum sebelum ke rumah masing-masing. PMC-02

Tinggalkan Komentar